January 12, 2019

Profil

Visi :

“Menjadi kawasan kreatif dan inovatif yang terintegrasi untuk meningkatkan daya saing melalui pemanfaatan potensi unggulan SMK”

Visi tersebut mengandung makna Kawasan kreatif dan inovatif yang terintegrasi untuk meningkatkan daya saing melalui pemanfaatan potensi unggulan industri makanan minuman, digital kreatif, dan kerajinan yang didukung oleh teknologi, iklim usaha yang kondusif, peningkatan rantai nilai, penguatan jaringan inovasi dan penumbuh kembangan usaha baru inovatif, pengembangan budaya inovasi dan peningkatan peran dalam industri ekonomi dan regional.

 

Misi :

  1. Mengembangkan inkubator bisnis
  2. Mendorong kolaborasi antara Academic–Business–Goverment–Community dalam pengembangan industri kreatif.
  3. Mengembangkan fasilitas dan infrastruktur yang modern untuk memberikan layanan teknologi bagi industri kreatif.
  4. Mengembangkan jaringan bisnis untuk mendukung industri kreatif.
  5. Mendorong terciptanya lapangan kerja baru terkait dengan sektor industri kreatif.
  6. Menciptakan daya tarik investasi bagi industri besar nasional maupun internasional.

 

Konsep :

Technopark merupakan salah satu bentuk wadah untuk menghubungkan SMK dengan dunia industri. Definisi dari Technopark atau Sciencepark adalah suatu kawasan terpadu yang menggabungkan dunia industri, SMK, pusat riset dan pelatihan, kewirausahaan, dalam satu lokasi yang memungkinkan aliran informasi dan teknologi secara lebih efisien dan cepat.

Technopark memiliki beberapa fasilitas, antara lain inkubator bisnis, angel capital, seed capital, venture capital. Stakeholder dari suatu technopark biasanya adalah pemerintah (biasanya pemerintah daerah), komunitas peneliti (akademis), komunitas bisnis dan finansial.
Stakeholder bekerjasama untuk mengintegrasikan penggunaan dan pemanfaatan bangunan komersial, fasilitas riset, dan conference center.

Bagi pemerintah daerah, technopark menciptakan lapangan pekerjaan dan meningkatkan pendapatan daerah. Bagi para pekerja yang berpendapatan cukup tinggi, technopark memiliki daya tarik karena situasi, lokasi dan lifestyle.

Tujuan :

Tujuan dari Technopark adalah untuk membuat link yang permanen antara SMK (akademisi), pelaku industri/bisnis/finansial, dan pemerintah.

Technopark mencoba menggabungkan ide, inovasi, dan know-how dari dunia akademik dan kemampuan finansial (dan marketing) dari dunia bisnis. Diharapkan dari penggabungan ini dapat meningkatkan dan mempercepat pengembangan produk serta mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk memindahkan inovasi ke produk yang dapat dipasarkan, dengan harapan untuk memperoleh economic return yang tinggi.

Adanya technopark membuat link yang  permanen antara pihak SMK dan industri, sehingga terjadi clustering dan critical mass dari peneliti dan perusahaan. Hal ini membuat perusahaan menjadi lebih kuat.